Untitled-1

KEPEDULIAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG PADA HARI BUMI TAHUN 2021 DENGAN PENGHIJAUAN KAMPUS BARU

Sebagai perguruan tinggi keagamaan yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan, UIN Raden Fatah tetap ikut berpartisipasi pada kegiatan peringatan hari Bumi sedunia tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 22 April nanti. Hari Bumi adalah acara tahunan yang dirayakan di seluruh dunia pada 22 April untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan. Kepedulian UIN Raden Fatah terhadap peringatan hari bumi mengangkat tema: Hijaukan taman kampus, merujuk pada pada tema “save our forest’. Serangkaian kegiatan telah dimulai yaitu melakukan penanaman pohon di jalur kanal kampus, penebaran benih ikan di kampus, biopori dan kedepan akan membuat embung sebagai cadangan air yang digunakan di UIN Raden Fatah Palembang.

Partisipasi pada hari Bumi Tahun 2021, Pimpinan UIN Raden Fatah Palembang bersama tim green campus telah mengundang beberapa stake holder yang ada di Sumatera Selatan untuk ikut berpartisipasi. Sebanyak 1000 bibit batang pohon dan 8000 benih bibit ikan yang akan ditaburkan di aliran kanal kampus UIN Raden Fatah Palembang. Besarnya animo civitas akademika UIN Raden Fatah pada kegiatan ini berdampak pada perubahan paradigma untuk memelihara bumi tetap hijau di lingkugan kampus. Penanaman secara simbolis dilakukan oleh seluruh wakil rektor UIN Raden Fatah Palembang, Kepala Biro, Gubernur Sumatera Selatan di wakili oleh staf ahli, Perwakilan Pangdam II Sriwijaya, Perwakilan Polda Sumsel, Walikota diwakili oleh staf ahli, Kepala BKSDAHL Sumatera Selatan, perwakilan Kantor Imigrasi, Camat Jakabaring, Danramil Jakabaring, Kepala Cabang BSB UIN Raden Fatah Palembang, serta Mahasiswa Duta Green Campus UIN Raden Fatah Palembang.

UIN Raden Fatah memiliki komitmen yang kuat dalam mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, momen pada hari Bumi pimpinan UIN Raden Fatah Palembang berupaya untuk membangun lingkungan  kampus hijau (green campus) yang berkelanjutan. Untuk mewujudkan hal itu, dilakukan berbagai upaya dan aktivitas kegiatan yang menunjang kearah green campus sebagai daya dukung pada peringatan hari bumi. Sekaligus untuk menciptakan suasana kampus yang InSani.

Pada masa new normal ini, UIN Raden Fatah tetap melakukan kegiatan green campus dalam rangka syukuran penempatan gedung baru serta ikut berpartisipasi dalam menyambut “Hari Bumi Tahun 2021”. Kegiatan pada masa new normal tetap menggunakan standar protokol kesehatan oleh gugus covid UIN Raden Fatah Palembang. Pentingnya menjaga bumi merupakan bentuk implemnetasi nilai-nilai islami yang ada pada visi UIN Raden Fatah Palembang.   Koordinator Pelaksana acara peringatan hari Bumi tahun 2021 pada penanaman dan penebaran benih ikan di lapangan oleh Ketua Green Campus UIN Raden Fatah Palembang (Dr. Irham Falahudin, M.Si/Wakil Dekan 1 FST) dibantu oleh mahasiswa Duta Green Campus serta tim Green Campus UIN Raden Fatah Palembang. Kegiatan ini bentuk komitmen Rektor UIN Raden Fatah Palembang (Prof. Dr. Nyayu Khadijah, S.Ag. M.Si) dalam membangun kampus hijau berkelanjutan untuk menjadikan UIN Raden Fatah Palembang kampus InSani (Indah, Serasi, Aman, Nyaman dan Islami).

Tags: No tags

Leave a Comment