Penanaman bibit pohon bersama

Hijaukan Kampus B Jakabaring: Team Green Campus dan Sivitas Akademika UIN Raden Fatah Palembang Melakukan Penanaman Pohon

Beberapa manfaat pohon untuk kehidupan antara lain (1) menghasilkan oksigen, (2) menyerap gas karbon dioksida, (3) menyerap air hujan dan tata air, (4) sumber pangan dan papan, serta (5) menahan erosi, pengendalian tanah longsor dan banjir. Sadar dengan manfaat dan kebaikan tanaman pohon itu maka UIN Raden Fatah Palembang Kampus B yang belokasi di Jakabaring-Palembang terus melaksanakan penanaman pohon dan tanaman lainnya. Selain manfaat diatas, penanaman pohon dimaksudkan untuk segera “menghijaukan” Kampus B UIN Raden Fatah Palembang yang berlokasi di Jakabaring-Palembang. Dengan semakin banyaknya pohon dan tanaman lainnya akan memperbaiki iklim mikro setempat dan menciptakan kenyamanan aktivitas belajar bagi seluruh sivitas akademika UIN Radan Fatah Palembang.

Kegiatan penanaman sudah dimulai sejak operasional Kampus B Jakabaring pada Januari 2021 yang lalu. Kegiatan penanaman tanaman terus “digalakan” termasuk pada bulan Februari 2022 ini, yang telah melakukan 2 kali, pada tanggal 12 dan 18 yang lalu. Penanaman pohon dikoordinasikan oleh tin Green Campus dihadiri oleh seluruh sivitas akademika UIN RFP. Rektor UIN RFP Prof. Dr. Nyayu Khodijah, M.Si. turut hadir dan melakukan penanaman pohon, serta diikuti oleh Dr. Muhammad Adil, M.A. dan Dr. Abdul Hadi, M.Ag., masing-masing adalah Wakil Rektor bidang I dan II. Selain itu penanaman pohon juga dilakukan oleh para Dekan dan pimpinan unit dan lembaga, termasuk kepala biro AUPK Dr. H. Abd. Rasyid, serta para Kepala Bagian lingkup UIN Raden Fatah Palembang. Para mahasiswa juga dilibatkan pada kegiatan ini, antara lain: Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) UIN UIN Raden Fatah Palembang dan Putra-Putri Kampus dari Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, tim Green Campus, serta perwakilan dari BPDAS Palembang. Selama pelaksanaan kegiatan penanaman selalu dan tetap dilaksanakan dengan prosedur kesehatan (Prokes) yang ketat.

Jenis pohon yang ditanam merupakan jenis yang cepat tumbuh dan tanaman jenis lokal Sumatera Selatan, seperti: Bintaro (Cerbera manghas), Flamboyan (Delonix regia), Angsana (Pterocarpus indicus), Pulai (Alstonia scholaris), Kayu bawang (Dysoxylum mollissimum), Meranti rawa (Shorea balangeran), serta jenis tanaman buah yaitu sirsak (Annona muricata) dan jambu batu (Psidium guajava). Bibit tanaman merupakan bantuan dari BPDAS dan BPTH Palembang (Kementerian LHK).

Ketua tim Green Campus UIN Raden Fatah Palembang Dr. Ledis Heru S. Putro, M.Si. secara langsung mengkoordinasikan kegiatan penanaman pohon, bersama sekretaris Andi Putra Sairi, M.Pd. Jumlah tanaman yang telah berhasil ditanam mencapai 700 batang dari berbagai jenis pohon-tanaman tersebut diatas.

Kegiatan ini diharapkan dapat terus dilakukan diwaktu mendatang, baik penanaman maupun pemeliharaan pohon sehingga menjamin tanaman pohon tersebut dapat bertumbuh dan berkembang. Penanaman pohon juga diharapkan untuk meningkatkan rasio lahan hutan (forest) terhadap luasan area UIN Raden Fatah Palembang. Dimana nilai rasio ini menjadi satu diantara kriteria-indikator utama (prinsip ke-1 dan kriteria 1.9) dari sistem pemeringkatan kampus hijau dan berkelanjutan secara global UI GreenMetric World University Rangkings (UI-GMWUR) yang telah diikuti UIN Raden Fatah Palembang. Kegatan ini akan terus ditingkatan sebagai upaya peningkatan kinerja sustainability dan terwujudnya ecogreen campus di UIN Raden Fatah Palembang. (LHSP)

Tanam bibit pohon 2022Tanam bibit pohon 2022
Tanam bibit pohon 2022

Tags: No tags

2 Responses

Leave a Comment