Ecogreen

Penanaman 5.000 Pohon Untuk Meningkatkan Produksi Oksigen Lingkungan Yang Lebih Baik

Pada Jumat, 04 Maret 2022 dilaksanakan kegiatan penanaman 5.000 pohon di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang yang berada di Kampus B Jakabaring. Bibit 5.000 pohon ini diperoleh dari kerjasama yang dilakukan UIN Raden Fatah Palembang dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Musi KLHK dan Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah I Palembang (KLHK).

Beberapa jenis pohon yang ditanam, antara lain: bibit pohon Mahoni, Pulai, Belangir, Salam, Bungur, Gaharu, Kayu Bawang, Merbau, Bintaro, Ketapang Kencana, Flamboyan, Bambu, Damar Mata Kucing, Meranti, Sirsak, dan Jambu Batu. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bambang Hendroyono, Sekretaris Jenderal yang mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Bambang Hendroyono mengatakan menanam pohon di lingkungan kita sama halnya dengan berdoa dan menanam harapan bagi masa depan lingkungan kita.

Penanaman bibit pohon dilakukan oleh Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si. (Rektor UIN Raden Fatah Palembang) jenis pohon Ketapang Kencana (Terminalia mantaly) dan beberapa tokoh nasional lain serta pejabat pemerintah daerah yang turut melakukan penanaman pohon simbolis adalah Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M.M. (Sekretaris Jenderal KLHK) jenis pohon Kemang (Mangifera kemanga); Katib ‘Aam PBNU (KH. Ahmad Said Asrori) mewakili Ketua Umum PBNU (KH Yahya Cholil Staquf) menanam pohon jenis Merbau (Intsia palembanica); dan Hj. Alissa Wahid (Ketua Tanfidziyah PBNU) menanam pohon Merbau (Intsia palembanica); Dr. H. Rosidin Hasan, M.Pd.I. (Assisten 1 Pemprov Sumsel) mewakili Gubernur Sumsel menanam jenis pohon Damar Mata Kucing (Shorea javanica) dan Drs. Ratu Dewa M.Si. (Sekda Kota Palembang) mewakili Walikota menanan pohon Ketapang Kencana (Terminalia mantaly).

Pada kesempatan ini juga, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, M.Si. mengatakan bahwa penanaman pohon ini dilakukan sebagai wujud program kerja Ecogreen Campus UIN Raden Fatah Palembang untuk penghijauan lingkungan yang berkelanjutan.

Ketua Ecogreen Campus, Dr. Ir. Ledis Heru Saryono Putro, M.Si. menyampaikan bahwa kita akan menghijaukan kampus B Jakabaring, sehingga produksi oksigen di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang ini menjadi lebih baik. Selain itu, nantinya pohon-pohon ini akan tumbuh dan lingkungan kita menjadi lebih indah. Produksi oksigen yang baik dan dukungan lingkungan yang indah akan mendorong mahasiswa menjadi lebih produktif lagi karena belajar di lingkungan yang nyaman. Seluruh civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang kedepannya juga akan merasakan bekerja di lingkungan yang teduh dengan produksi oksigen yang melimpah. Harapan bagi kita semua agar seluruh pohon-pohon ini dapat tumbuh subur dan berkembang menjadi besar sehingga menutupi ruang yang masih kosong saat ini.

Tags: No tags

One Response

Leave a Comment